Standart Operating Procedure

Selasa, Oktober 29, 2013

SOP Indobroker

1. Membership/Keanggotaan Indobroker
Syarat menjadi Member Indobroker :
a. Warga Negara Indonesia (WNI)
b. Usia min. 17 tahun
c. Berkeinginan kuat menjadi seorang broker profesional, jujur dan amanah
d. Memiliki alat komunikasi (Ponsel, BlackBerry)
e. Memiliki akun media sosial (emailfacebooktwitter, blog, website)
f. Sanggup mematuhi dan mentaati semua peraturan yang berlaku di Indobroker
g. Bersedia mengembangkan Indobroker dimana saja dan kapanpun juga

2. Jenis Membership/Keanggotaan Indobroker :
a. Member (M)/Anggota : 
Mereka yang telah bergabung di Indobroker dengan membayar biaya membership/keanggotaan Indobroker sebesar Rp 500.000,- (Lima ratus ribu rupiah) dan telah mendapatkan hak-haknya serta melaksanakan kewajibannya

b. District Manager (DM)/Koordinator Indobroker di tingkat Kota/Kabupaten : 
Mereka yang telah bergabung di Indobroker dengan membayar biaya membership/keanggotaan Indobroker sebesar Rp 2.000.000,- (dua juta rupiah) dan telah mendapatkan hak-haknya serta melaksanakan kewajibannya

c. Area Manager (AM)/Koordinator Indobroker di tingkat Propinsi : 
Mereka yang telah bergabung di Indobroker dengan membayar biaya membership/keanggotaan Indobroker sebesar Rp 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) dan telah mendapatkan hak-haknya serta melaksanakan kewajibannya

3. Online Recruitment Member
Semua Member Indobroker berhak merekrut siapa saja untuk bergabung di Indobroker tentunya yang telah memenuhi persyaratan Indobroker.

Semua pendaftaran di Indobroker dilakukan dengan cara online sehingga semua member dapat mencari dan merekrut member baru dengan membagikan link dibawah ini :
1. Arahkan calon member untuk membaca website Indobroker http://www.indobroker.co.id
2. Calon member wajib membuka link persyaratan bergabung di Indobroker dengan klik link berikut ini http://bit.ly/IndobrokerTerms
3. Setelah membaca dan memahami syarat dan ketentuan diatas maka arahkan calon member untuk mengisi  e-form disini : Formulir Online Indobroker

Catatan : 
- Member tidak harus merekrut calon member yang hanya berdomisili di kota/kabupaten dimana member tersebut bertempat tinggal, akan tetapi member bisa merekrut calon member lain yang berada diluar domisilinya dari kota/kabupaten se-Indonesia, tanpa harus menyerahkan formulir ke kantor Indobroker, karena sistem Indobroker adalah terintegrasi melalui web application


- Link diatas dapat dibagikan di media sosial yang ada seperti di facebook, twitter, blog, website atau yang lainnya yang dimiliki oleh member indobroker

4. Commission Fee
Member yang berhasil mengajak orang lain bergabung ke Indobroker maka member tersebut akan mendapatkan Comission Fee yang sesuai dengan sistem dan ketentuan yang berlaku di Indobroker

Tujuan pemberian Comission Fee kepada Member yang berhasil merekrut member baru merupakan sebuah bentuk penghargaan dari Indobroker kepada para member nya, bukan sistem MLM. Karena Indobroker bukan perusahaan MLM.

Commission Fee yang diterima oleh member adalah sebagai berikut :
A. Member Get Member (MGM) : 
Apabila Member/DM/AM Indobroker berhasil merekrut 1 orang Member (M) baru maka member yang bersangkutan akan mendapatkan komisi sebesar Rp 100.000,-/Member

B. Member Get District Manager (MGDM) :
Apabila Member/DM/AM Indobroker berhasil merekrut 1 orang District Manager (DM) baru maka member yang bersangkutan akan mendapatkan komisi sebesar Rp 500.000,-/DM

C. Member Get Area Manager (MGAM) :
Apabila Member/DM/AM Indobroker berhasil merekrut 1 orang Area Manager (AM) baru maka member yang bersangkutan akan mendapatkan komisi sebesar Rp 2.000.000,-/AM

5. Royalty Fee
Bonus royalty fee hanya berlaku hanya untuk DM dan AM saja, yaitu :
1. Royalty Fee untuk DM :
a. Jika Member dibawahnya berhasil merekrut seorang Member (M) baru maka DM mendapatkan royalty fee sebesar Rp 50.000,-/M

2. Royalty Fee untuk AM :
a. Jika M/DM dibawahnya berhasil merekrut seorang Member (M) baru maka AM mendapatkan royalty fee sebesar Rp 25.000,-/M

b. Jika M/DM dibawahnya berhasil merekrut seorang District Manager (DM) baru maka AM mendapatkan royalty fee sebesar Rp 50.000,-/DM

c. Jika M/DM dibawahnya berhasil merekrut seorang Area Manager (AM) baru maka DM mendapatkan royalty fee sebesar Rp 100.000,-/AM

3. Waktu Proses:
Seketika, dan paling lambat 2x24 jam setelah proses

6. Product Listing
Semua Member Indobroker boleh melakukan Product Listing, baik primary maupun secondary, dengan mengirimkan formulir PJP (Perjanjian Jasa pemasaran) disertai foto properti ke email listing@indobroker.co.id untuk kemudian listing yang ada akan ditayangkan di :
1. website Indobroker 
www.indobroker.co.id
2. website Rumah123.com 
www.rumah123.com dan 
3. website DaVina News www.davinanews.com 
dengan disertakan nomer handphone dan nomer PIN blackberry member yang melisting

A. Primary Listing :
Tugas Member adalah mendapatkan persetujuan dari Developer untuk memasarkan dengan besaran komisi wajar (normalnya 3%, bisa antara 2-4 persen, tergantung negosiasi)

Persetujuan dan Pengikatan Perjanjian (MOU) dengan Developer, dilakukan oleh District manager (DM), dan Direktur Developer

Draft MOU bisa diberikan oleh Pihak Developer maupun Indobroker
Dalam hal draft  MOU dibuat oleh Indobroker, maka Member Indobroker yang akan melisting, memintanya kepada staff di Indobroker Pusat dan atau DM, agar di berikan atau di email draft MOU standard nya

Setelah MOU ditandatangani diatas meterai oleh Pihak Developer dan Pihak Indobroker, maka MOU akan diserahkan kepada Kedua Pihak Indobroker akan menayangkan di website, facebook dan twitter, serta membroadcast via email dan SMS informasi tentang Product Listing tsb kesemua Member Indobroker

Pihak Developer dihimbau untuk memberikan Presentasi Proyeknya, termasuk besaran komisi yang diberikan untuk Indobroker, kepada Member Indobroker dan memberikan SOFT COPY informasi produknya kepada Admin Indobroker, untuk dipergunakan mengirim informasi produk ke semua Member

Untuk selanjutnya Project Coordinator (Member yang melisting proyek dan yang mendapatkan Royalty Fee) berkewajiban untuk mewakili Developer mempromosikan proyeknya kepada Member Indobroker secara rutin, dan membantu Member yang memerlukan informasi lengkap tentang proyeknya tersebut

Jika Pelisting tidak menjalankan kewajibannya minimal 1x sebulan, maka statusnya sebagai Project Coordinator akan dicabut dan dialihkan ke Member lain yang kompeten dan serius.

B. 
Secondary Listing 
Tugas Member adalah mendapatkan persetujuan tertulis dari Property Owner agar Indobroker memasarkan propertinya, termasuk besaran komisi yang diberikan Owner ketika propertinya tsb terjual oleh Indobroker

Besaran komisi wajar untuk jasa penjualan properti adalah  antara 2-3 persen dan 5% untuk properti yang disewa/kontrak

Pemilik Properti wajib menandatangani “Surat Perjanjian Pemasaran” yang telah diisi lengkap, dan juga ditandatangani oleh Pihak Member selaku Pemasar Pihak Indobroker yang melisting, serta DM nya (boleh menyusul, jika DM tidak sedang berada bersama Member dan Owner; yang terpenting adalah Pemilik Properti)

Listing Form dibuat rangkap dua, bernomor registrasi, satu bagian untuk pihak Pemilik Properti, dan 1 bagian untuk Indobroker

Guna mencegah penyalahgunaan, Member yang meminta Listing Form wajib menandatangani Formulir Permintaan Listing Form, karena akan di follow up oleh admin Indobroker agar dikembalikan ke Indobroker untuk diposting, dalam kurun 1-2 minggu setelah permintaan Listing Form

Member yang melisting wajib mengirimkan Listing Form yang sudah ditandatangani DM, beserta Foto Copy dokumen dan foto dari properti tersebut, termasuk Nama & Nomor Hp Owner via email ke: listing@indobroker.co.id

Properti tersebut akan dilisting di website Indobroker, dengan mencantumkan Nama & Hp Member yang melisting; namun tidak dengan alamat lengkap, supaya Member maupun siapapun harus menanyakan alamat lengkapnya kepada Member yang melisting

Member yang melisting wajib membantu dengan cepat dan tuntas jika ada orang (Member atau Calon Pembeli) yang menanyakan listingan produknya; sehingga dihimbau menggunakan nomor Hp yang mudah dihubungi. Nama Owner & Nomor Hp nya tidak untuk dicantumkan di website; juga tidak untuk diberitahukan kepada Member manapun, melainkan untuk Admin Indobroker melakukan monitoring jika properti tersebut telah terjual

Waktu Proses :
Seketika, dan paling lambat 2x24 jam setelah proses                                                                                                                      
 7. Product Selling
Dalam hal telah terjadi transaksi penjualan produk secondary, dan komisi dibayarkan Owner kepada Member yang melisting, didampingi oleh Member yang menjual, maka DM wajib ikut serta sebagai saksi. Hal yang sama berlaku untuk penerimaan hasil Fee dari KPR oleh Bank yang bekerjasama dengan Member sebagai pribadi

Dalam hal terjadi transaksi penjualan oleh Member untuk produk primary, maka Member bersangkutan wajib melaporkan melalui email ke: member@indobroker.co.id; dan atau via SMS ke 081 9898 777

Member wajib menuntaskan kelengkapan administratif dan kelancaran pembayaran Pembeli kepada pihak developer.

Member wajib menginformasikan perkembangan aktivitas tersebut kepada Indobroker atau DM yang mengikat Perjanjian dengan Developer tersebut, agar mengirimkan Invoice menagih hak komisi Indobroker kepada Developer.

Waktu Proses :
Seketika, dan paling lambat 2x24jam setelah proses                                                                                                                      

8. Kebebasan Member, DM dan AM
Semua Member boleh melakukan Pendaftaran Rekrutmen, Melisting Produk, maupun Transaksi Penjualan, yang paling ideal untuk kelancaran transaksi dan kemudahan Calon Customer (Calon Member/Buyer/Seller)

Dimanapun Member melakukan transaksi diatas, tidak mempengaruhi perihal keuangan maupun struktur keanggotaannya; karena apapun yang terjadi dikantor sistem Indobroker tetap terintegrasi dan terdeteksi oleh sistem Indobroker.

9. Kewajiban & Hak “VIP Member” Indobroker
“VIP Member adalah Member yang serius bergabung dengan Indobrokerwajib melisting semua produk yang ditanganinya, baik primary maupun secondary ke Indobroker

Dalam hal Member bersangkutan didapati tidak menepati ketentuan ini, maka dianggap tidak serius terhadap Indobroker, sehingga tidak lagi menjadi “VIP Member”

Hak “VIP Member” adalah boleh memasarkan properti Indobroker manapun, serta diprioritaskan untuk menggarap inquiry yang masuk, agar mudah cepat mendapat transaksi; termasuk diprioritaskan untuk menangani proyek Sole Agent maupun mengikuti Pameran

“VIP Member” dihimbau untuk melakukan aktivitas pemasaran dan pemasangan iklan diwebsite , seperti yang diajarkan Indobroker, agar omzetnya dan namanya meroket

“VIP Member” juga dihimbau untuk menampilkan profil BB nya, atau social media lainnya, dengan Logo Indobroker atau Produk Indobroker; serta sering-sering melakukan broadcast ke contact nya, agar bermanfaat meningkatkan penjualan.

10. Co-Broking Sesama Member Indobroker 
Member diperkenankan untuk melakukan Co-Broking sesama Member Indobroker, dengan menjalin kerjasama antar pribadi. Kerjasama pribadi ini boleh dilakukan dengan Member yang manapun; dan tidak perlu melaporkan kepada Indobroker karena hal ini adalah urusan pribadi.

11. Kewajiban Indobroker Pusat & DM Serta AM
Semua DM dan AM maupun Indobroker Pusat, wajib melisting semua produk yang ditanganinya, baik primary maupun secondary, ke website Indobroker
Indobroker Pusat dan AM serta DM wajib melakukan aktivitas pemasaran periklanan, yang dilakukan setiap hari kerja, menggunakan software maupun strategi yang diajarkan oleh Indobroker Pusat; agar ranking website Indobroker disemua search engine masuk halaman pertama; serta mendapat banyak inquiry dari Netter atau Prospek

Inquiry yang masuk ke email Indobroker dari manapun, yang tidak menyebutkan Nama Tertentu (Member yang memasang iklan), maka akan diserahkan kepada “VIP Member” untuk menggarapnya, agar Member bersangkutan mendapatkan transaksi atau keuntungan

Semua AM dan DM dilarang melakukan aktivitas yang tidak adil atau diskriminatif terhadap Member Indobroker dari kota/kabupaten manapun; karena Member Indobroker adalah milik dan tanggungjawab semua anggota Indobroker

Semua AM dan DM dilarang melakukan aktivitas yang bisa memecah belah persatuan dan keharmonisan sesama anggota Indobroker; misalnya dengan menghasut agar anggota tidak melakukan kerjasama dengan anggota Indobroker lainnya

Semua AM dan Ddiperkenankan untuk memberikan Incentive atau Kontes (berupa barang atau uang) kepada Member yang mencapai hasil tertentu, atau melakukan hal positif tertentu; selama dana yang dikeluarkan adalah milik pribadi bersangkutan (tidak mempengaruhi dan tidak masuk kedalam sistem maupun biaya Indobroker)

Dalam hal AM dan Ddidapati melanggar ketentuan ini, maka akan mendapat Peringatan Keras, sampai kepada pemutusan membership secara kekeluargaan

12. Disclamers
Keanggotaan (Membership) di Indobroker otomatis hangus/batal, jika Member terbukti melakukan kecurangan finansial; baik yang merugikan Indobroker, Member Indobroker, maupun pihak Pelanggan Indobroker; dan seluruh Listing Member nya akan diambil alih Indobroker untuk dibagikan kepada Member Indobroker lain yang bisa bertanggung-jawab; dan semua komisi atau royalty fee nya yang masih ada di Indobroker akan dibekukan dan diambil alih Indobroker

Keanggotaan Indobroker  juga otomatis gugur, jika Member tidak aktif selama 3 bulan; tidak aktif untuk merekrut, atau melisting produk, atau menjual sesuai ketentuan SOP Indobroker

Hak dan Tanggung jawab Member dan Indobroker ini berlaku baku sebagai ketentuan yang mengikat kepentingan bersama, sehingga tidak bisa digugat oleh pihak manapun.


Catatan :
Sebagai kesatuan kelengkapan dengan Online Membership Form


You Might Also Like

0 komentar

Ketentuan Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik.

Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar :)