Cara Memotivasi Tim dalam Komunitas

Minggu, Januari 03, 2016


Dalam sebuah komunitas dibutuhkan sekumpulan orang yang mau dan mampu bekerjasama demi tercapainya satu tujuan. Gabungan dari individu tersebut dikenal dengan nama tim. Sebuah tim, haruslah melangkah beriringan untuk mewujudkan visi dan misi yang telah disepakati. Mereka tidak bisa menonojolkan kekuatan per individu. Sebab, bekerja secara tim bukan mencari prestasi pribadi. Hal ini tentu tidak lantas menjadi suatu batasan Anda untuk berinovasi. Sampaikan ide Anda kepada tim dan diskusikan. Selanjutnya, jalankan strategi sesuai dengan apa yang telah menjadi kesepakatan bersama.

Kompak, itulah kunci sukses untuk sebuah tim. Semua aspek pendukung yang ada haruslah memiliki porsi yang sama. Aspek terpenting dalam hal ini ialah semangat. Diperlukan kerja keras, usaha dan semangat yang tinggi untuk dapat meraih goal. Terkadang, kegagalan disebabkan karena satu atau dua individu tidak dapat mengimbangi kinerja rekan yang lain. Kondisi ini tentu merugikan banyak pihak, terutama komunitas dan tim itu sendiri. Bentuklah tim berdasarkan kemampuan dan kemauan antar individu agar dapat menyelaraskan pikiran serta tenaga.

Masalah yang sering dihadapi oleh tim ialah menurunnya semangat ketika terjadi kendala. Pencapaian sebuah tujuan tidak selalu berjalan mulus. Berikut cara untuk memotivasi kembali semangat dalam tim.

1.   Komunikasi yang baik
Komunkasi yang baik dengan rekan satu tim merupakan hal terpenting. Sampaikan pendapat atau kritikan Anda terhadap kinerja tim. Keterbukaan masing-masing individu dalam tim menghasilkan kenyamanan bersama. Hal ini akan mempermudah tim untuk menentukan strategi jitu yang akan dilakukan selanjutnya.

2.   Kobarkan semangat bersama
Jadilah individu yang mampu mentransfer energi positif kepada individu lainnya. Anda harus dapat menampung keluhan yang disampaikan oleh rekan satu tim. Kemudian lakukanlah diskusi untuk memecahkan masalah yang dikeluhkan tersebut. Mungkin, rekan Anda hanya butuh motivasi untuk mengembalikan semangat kerjanya. Transfer semangat yang Anda miliki dan kobarkan dalam tim.

3.   Prioritaskan anggota
Memprioritaskan anggota di dalam tim ialah suatu kewajiban. Individu akan merasa diperhatikan dan dihargai. Bentuk timbal balik positifnya yakni mereka juga akan mengutamakan tim. Ciptakan keuntungan 2 arah di dalam komunitas.

4.   Tranparan dalam segala urusan
Bertindaklah jujur dan terbuka saat Anda bergabung dalam sebuah tim. Sikap transparan akan memudahkan pengontrolan kinerja. Apabila terjadi hambatan, maka tidak sulit dilacak penyebabnya. Solusi pun lebih mudah didiskusikan dan ditemukan.

5.   Luangkan waktu untuk bersantai
Atur waktu dan luangkan untuk sekedar bersantai. pergi bersama tim untuk mengunjungi tempat rekreasi dan berolah raga bersama misalnya. Kegiatan semacam ini penting dilakukan untuk mengembalikan semangat tim. Berikan sedikit waktu untuk mengistirahatkan pikiran dan tenaga Anda. Jika perlu buatlah game menarik yang memacu kinerja team work member anda.

Sumber: Istimewa

I Like Indobroker 

You Might Also Like

0 komentar

Ketentuan Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik.

Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar :)