Kuliah Online dengan 10.000 Member di Telegram

Rabu, Juli 05, 2017

Komunitas broker dan komunitas broker properti
Ilustrasi (Disain kartu member Indobroker terbaru 2017 yang digunakan 
untuk mengikuti Kuliah Online Indobroker (KOI) (Foto: Bisron Ali)

Sudah pada tau belum kalau apilkasi mobile dan desktop pesan instan berbasis cloud yang fokus pada keamanan dan kecepatan bernama Telegram versi 4.1 telah hadir? Keren lho, versi terbaru saat ini bisa menampung 10.000 member grup. Kapasitas sebelumnya hanya bisa 5.000 member saja, sehingga bagi yang memiliki member sampai dengan 10.000 tidak perlu bingung lagi sekarang :-)

Persis nya tadi pagi pukul 2 dinihari (Rabu, 5/7/2017) saya buka Telegram via desktop tiba-tiba muncul notifikasi dari Telegram yang memberitahukan tentang ada nya update versi 4.1 dengan kemampuan upgrade Supergrup hingga 10.000 member dan fitur lainnya yang tak kalah menariknya.

Berikut pesan instan dari Telegram yang saya terima melalui akun pribadi :



New in version 4.1:

- Supergroups can now have up to 10.000 members.

- Appoint supergroup admins with granular rights. Choose who can add users, manage messages, block members, edit group info & username, add new admins, etc. 

- Restrict and ban supergroup members with granular precision. Read-only bans, GIF & sticker bans, media bans, temporary bans and restrictions. 

- Check the new event log to see all service actions taken by members and admins of a channel or supergroup in the last 48 hours – with search and filters.

- Admins can now search for specific users among group and channel members.
- Added Android Pay support for Bot Payments. 
- Photos and videos are now displayed together when sharing from the attach menu or gallery.

More about this update:
https://telegram.org/blog/admin-revolution

Penasaran dengan judul artikelnya saya klik link yang ada, kemudian diarahkan ke blog nya Telegram yang sebelumnya saya tidak pernah berkunjung di blog tersebut. Tertulis di blog artikel ini diposting pada 30 Juni 2017 artinya sudah seminggu yang lalu, namun setelah saya cek di Google belum ada satu pun media online yang mengulasnya.

Didorong rasa keingintahuan yang tinggi saya baca artikelnya sampai selesai dan berikut ulasan saya :

1. Tombol Pencarian Member
Dengan 10.000 member di grup dan channel tentunya kita akan kesulitan untuk mencari member yang ada, dengan Telegram 4.1 kesulitan tersebut terjawab dengan tombol pencarian member yang bisa digunakan untuk mencari member yang kita inginkan dengan hanya mengetik nama pengguna saja tanpa perlu untuk memilahnya satu per satu yang bisa menghemat waktu



Cari anggota

2. Hak Admin
Sekarang kita dapat menambahkan admin dari member yang ada dengan peran yang berbeda sesuai perannya masing-masing untuk mengelola grup di komunitas Anda. Pilih siapa diantara admin yang dipercaya untuk menambah member baru, menjawab pesan, memblokir member, mengedit info grup, atau bahkan menambah admin baru di grup komunitas Anda.



hak Admin


3. Blokir Sebagian
Admin yang tak ingin sepenuhnya melarang member dari supergrup, mereka sekarang dapat membatasi hak-hak akses mereka untuk menghentikan perilaku member yang dapat menyebabkan masalah di grup seperti spam, out of the topic (OOT) atau menyalahi aturan yang berlaku di grup. Anda dapat menempatkan member tersebut ke dalam modus read only atau mungkin menghentikan mereka untuk mengirim stiker atau media (foto/video) dalam jangka waktu tertentu. Sekarang Anda dapat melakukan semua ini secara maksimal.


Blokir sebagian

Bahkan bot Telegram pun dapat melakukannya, dengan Bot API versi 3.1 Anda dapat menggunakan bot Admin untuk secara otomatis memberlakukan larangan secara permanen atau sementara berdasarkan tindakan yang dilakukan oleh member grup. Anda pun dapat membuat pasukan bot admin sekarang juga dengan membaca panduannya disini 


4. Tindakan Admin Terbaru
Saat beberapa admin bekerja di satu grup, tentunya kita bingung untuk memantau apa dan kapan yang dilakukan oleh admin (atau apa yang bot admin telah lakukan kepada member grup). Dengan menambahkan fitur "Tindakan Terbaru" di halaman admin. Bagian ini menyimpan riwayat dari semua tindakan pelayanan yang diambil dari grup selama 48 jam terakhir dan hanya terlihat oleh admin saja.


tindakan admin baru-baru ini


tindakan dalam supergrup juga menunjukkan pesan yang dihapus dalam 48 jam terakhir dan versi asli dari pesan yang diedit untuk perode yang sama, tindakan pelanggaran seperti spam tidak akan luput dari pentungan admin.


5. Berbagi dan Android Pay
Dalam berita lain, Telegram 4.1 untuk iOS membawa Anda ke sebuah peningkatan dalam hal pengiriman/sharing media atau data. Ketika berbagi berbagai macam media/data dari aplikasi lain untuk Telegram, Anda dapat menambahkan komentar (opsional) dan pilih beberapa nama penerima dengan mudah. Sentuhan 3D pada ikon aplikasi untuk melihat beberapa fitur baru, termasuk mengambil foto/video dan mengirimkannya ke beberapa nama penerima.



Baru ekstensi berbagi
Pada Android, Telegram 4.1. terdapat layanan “Android Pay” untuk pembayaran Bot dan peningkatan seleksi media - foto dan video, yang sekarang ditampilkan bersama-sama ketika mengirimkan media yang diambil dari menu lampiran atau galeri.

6. Kebebasan berbicara

Pembaruan ini juga menonjolkan alat-alat anti-sensor, seperti kemampuan untuk mengkonfigurasi server Proxy di bagian "Data dan Penyimpanan" pada menu “Pengaturan”.  

Kami percaya dalam hal komunikasi yang aman dan gratis. Ini adalah tanggung jawab kami untuk menawarkan teknologi untuk mempertahankan hak pengguna kami akan privasi dan kebebasan berbicara di seluruh dunia.

Gimana ulasannya? Menarik kan!
Update aplikasi Telegram Anda sekarang juga jika ingin menikmati fitur supergrup dan fitur-fitur lainnya di versi 4.1 seperti yang telah saya lakukan di akun Telegram pribadi saya dan menerapkannya di Supergrup Indobroker News. 


7. Impian di 2017
Dengan kemampuan supergrup yang bisa menampung 10.000 member tersebut diatas seakan mengingatkan kembali akan target pencapaian saya di 2017, salah satu nya adalah tercapainya jumlah member Indobroker sebanyak 10.000 member di akhir 2017 sehingga bisa mengadakan Kuliah Online Indobroker (KOI) secara akbar :-)

Artinya masih ada waktu 6 bulan lagi untuk menutup kekurangan 9.000 member di akhir 2017, yang hal ini menjadi cambuk bagi saya secara pribadi untuk mewujudkannya. Tentunya hal ini tidak bisa saya lakukan sendiri dan akan dibantu dengan segenap kekuatan dan kemampuan yang dimiliki oleh seluruh Tim Affiliate Indobroker yang selama ini selalu berkonstribusi aktif dalam penambahan member setiap bulannya.

Pencapaian 10.000 member menjadi tonggak sejarah yang selalu menjadi acuan para startup dalam membangun usaha nya, mengingat realisasi angka tersebut menjadi tolak ukur keberhasilan sebuah startup yang sedang dibangun.  

Guna mewujudkan impian tersebut, maka saya dan Tim IDECO atau Indobroker Digital Ecosystem telah mempersiapkan sebuah program baru guna meraih 9.000 pendaftar baru Indobroker dengan hadiah 7 buah iPhone 7s yang akan kita mulai 7 Juli sd 7 Desember 2017.

Nah bagi Anda yang ingin menjadi bagian dari pengukir sejarah tercapainya 10.000 member ini silahkan bergabung menjadi member di Komunitas Broker Properti Indobroker dengan mendaftarkan diri Anda disini, siapa tau Anda lah salah satu member yang mendapatkan undian berhadiah iPhone 7s di akhir tahun ini.

Selamat bergabung dan mengukir sejarah di Indobroker ya :-)

Kritik dan saran membangunnya saya butuhkan dalam peningkatan layanan di Indobroker, silahkan komentari artikel ini. 

Terima kasih, have a great day and always be closing :-)



Penulis: Wahyudi Sudiyono, Sales Properti & Pemerhati Dunia Digital 



You Might Also Like

0 komentar