Keunggulan Listing Exclusive bagi Broker Properti

Rabu, Mei 07, 2014


 Komunitas broker properti

Banyak pemilik properti berpendapat bahwa untuk memasarkan properti lebih cepat adalah dengan menghubungi beberapa atau banyak agen properti sekaligus. Walaupun kelihatannya langkah ini merupakan yang tepat, tetapi sebetulnya langkah seperti ini tidaklah tepat. Akan lebih baik apabila anda mempercayakan pemasaran properti anda ke satu agen properti saja (exclusive) dengan alasan a
gen properti yang mempunyai hak excusive untuk memasarkan properti anda akan lebih fokus dan berkomitmen dikarenakan tanggung jawab yang lebih besar. Apabila agen properti tidak mempunyai hak exclusive, agen properti akan lebih cenderung untuk memasarkan properti anda ‘sambil lalu’ atau kalau kebetulan ada klien, kalau tidak ada tidak apa-apa karena tidak ada komitmen tertentu. Lebih dari satu agen properti memasarkan properti anda bisa berpotensi menyebabkan masalah antara lain masalah komisi, meng-handle klien yang sama, dll.

Untuk jangka waktu masa exclusive pemasaran, anda bisa bernegosiasi dengan agen properti langsung. Jangan lupa untuk membuat dan menandatangani kontrak exclusive pemasaran dengan agen properti. Kontrak tersebut harus termasuk :
a. Jangka waktu masa exclusive.
b. Patokan harga jual / sewa properti anda.
c. Patokan term dan kondisi penjualan atau penyewaan properti anda berikut cara pembayaran.
d. Komisi yang sudah disetujui kedua belah pihak.
e. Siapa yang bertanggung jawab untuk membayar biaya promosi, dll.

Setelah kontrak ini ditandatangani oleh anda dan agen properti, agen properti akan lebih mudah untuk memasarkan properti anda karena sudah memiliki dan mengetahui segala sesuatu mengenai properti anda, serta agen properti akan merasa lebih aman karena secara kontraktual agen properti akan mendapatkan komisi yang sudah disetujui. Alhasil, agen properti akan lebih fokus, berkomitmen dan lebih giat untuk memasarkan properti anda. Perlu diketahui bahwa di negara-negara maju, hampir semua properti yang dipasarkan di tangani oleh agen properti secara exclusive.



Penulis: Tim Indobroker

You Might Also Like

0 komentar

Google+ Followers