Inilah 3 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah

Selasa, April 07, 2015

Ilustrasi @indobroker_id
Memiliki rumah merupakan mimpi setiap keluarga. Setiap keluarga seakan berlomba menggembungkan pundi-pundi keuangan mereka guna sebagai modal untuk membeli rumah. Selain untuk dibeli sebagai tempat tinggal, rumah juga dijadikan investasi oleh banyak orang. Luas tanah yang tidak akan bertambah didorong dengan semakin tingginya pemintaan masyarakat, membuat harga rumah kian melonjak.
Hanya saja, di beberapa wilayah masih terdapat rumah-rumah dengan harga terjangkau. Penawaran rumah dengan harga tersebut mungkin membuat Anda untuk segera membeli sebelum harga akan semakin naik seiring dengan fasilitas dan akses yang akan dibangun. Namun, sebaiknya jangan terburu-buru untuk membeli rumah, Anda dapat mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan untuk membeli. Berikut ini beberapa lokasi rumah yang pantas untuk segera dimiliki:
1. Lokasi yang strategis
Biasanya untuk perumahan-perumahan baru yang menawarkan harga murah masih belum dilengkapi oleh berbagai fasilitas dan akses transportasipun masih terbatas. Namun, setiap pengembang pasti sudah memberikan gambaran tentang pembangunan pada lokasi tersebut. Pastikanlah bahwa fasilitas yang dibutuhkan seperti sekolah dan madrasah, pasar, mall, supermarket, tempat kerja, taman, arena bermain, dan lain sebagainya, sudah ada dalam perencanaan pembangunan wilayah tersebut.
2. Bukan lokasi yang rentan terkena bencana
Tidak ada satupun yang ingin rumah atau tempat tinggalnya dekat dengan sumber atau berpotensi terkena bencana. Namun, Anda harus berpikir tentang keadaan geografis suatu wilayah. Pastikanlah bahwa wilayah tersebut bukan tempat yang mudah terkena banjir ataupun kawasan pegunungan yang berpotensi gunung meletus, longsor, dan lain sebagainnya. Selain akan menyusahkan ke depannya, biasanya wilayah yang (sering) terkena bencana berpotensi memiliki tanah yang tidak subur dan kurang baik untuk tempat tinggal.
3. Infrastuktur tersedia dengan baik
Kehidupan manusia tentunya bergantung pada infrastruktur. Dengan infrastruktur yang baik tentunya segala kegiatan dapat berjalan dengan mudah. Infastruktur tersebut terdiri atas akses jalan yang lancar dan mudah dilalui, listrik, dan air bersih. Pastikan kepada para pengembang sebelum memutuskan membeli rumah, ada beberapa perumahan yang tidak didukung oleh air bersih yang cukup sehingga tidak nyaman untuk kegiatan sehari-hari.
Demikianlah 3 hal yang dapat dijadikan bahan pertimbangan sebelum memilih rumah. Ketiga hal tersebut dapat menopang kegiatan sehari-hari apabila Anda sudah menempati rumah tersebut nantinya. Selain itu Anda juga perlu menanyakan soal keamanan di wilayah tersebut, agar tidak perlu was-was ketika sudah menempatinya.

Sumber : Rumah123.com

You Might Also Like

0 komentar

Ketentuan Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik.

Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar :)

Google+ Followers