Cara Jitu Memasarkan Properti Berdasarkan Harga

Kamis, Desember 10, 2015

Ilustrasi (Foto: Indobroker)
Dalam upaya pemasaran sebuah properti, salah satu hal yang wajib menjadi perhatian utama adalah penetapan harga properti itu sendiri. Mengapa harga properti menjadi hal yang sangat penting? Karena banyak calon pembeli atau buyer yang mencari sebuah properti berdasarkan harga. Para buyer seperti ini akan mengklasifikasikan sebuah properti berdasarkan harga yang sesuai dengan budget yang ada.

Oleh karena itu, pemasaran properti yang tepat hendaknya selalu memperhatikan harga jual di pasaran. Bila sang broker mampu memasarkan properti yang ada berdasarkan harga yang tepat sesuai dengan perjanjian awal dengan pemilik properti, maka proses pemasaran bisa berjalan dalam waktu singkat dan properti tersebut akan cepat laku.

Prinsip dasar dalam penetapan harga sebuah properti adalah harganya haruslah wajar dan masuk akal. Harga yang wajar dan masuk akal ini berarti sesuai dengan lokasi, kualitas bangunan, luas bangunan, dan berbagai spesifikasi lain yang berkaitan dengan properti tersebut. Semakin baik nilai dari setiap aspek sebuah properti, maka akan semakin tinggi pula harga properti tersebut di pasaran.

Berikut ini adalah beberapa langkah dalam menetapkan harga properti:

A. Survei harga berdasarkan lokasi
Properti yang berada di lokasi yang strategis seperti berada di pusat kota atau dekat dengan pusat keramaian pastinya akan bernilai lebih tinggi dibandingkan properti yang ada di lokasi kurang strategis, dimana akses jalan kurang lancar.

Para broker perlu mencari tahu harga properti yang ada di daerah tersebut. Setiap daerah atau area biasanya memiliki harga pasaran untuk sebuah properti. Hal inilah yang wajib diketahui oleh setiap broker sehingga mereka mampu untuk memberikan informasi yang tepat kepada pemilik properti dan membantu mereka dalam menetapkan harga jual.

B. Survei harga berdasarkan listing dari sumber lain
Keputusan penetapan harga juga bisa diambil setelah melakukan survey mengenai harga properti serupa pada listing yang ada di sumber-sumber lain seperti internet. Hal ini akan membantu broker dalam mengetahui tingkat kompetisi dalam harga properti. Bila proses penetapan harga tidak mempertimbangan hal ini, maka bukan tidak mungkin harga yang ditetapkan akan jauh lebih tinggi atau jauh lebih rendah, yang justru akan merugikan sang pemilik.

C. Kualitas properti
Tidak bisa dipungkiri bahwa kualitas properti menjadi salah satu tolak ukur dalam penetapan harga. Kualitas properti ini sendiri menyangkut banyak hal misalnya kualitas bangunan, fitur-fitur spesifik yang ada pada bangunan tersebut, nilai sejarah yang mungkin dimiliki oleh properti itu dan berbagai fitur lainnya. Semakin tinggi kualitasnya, maka harga jualnya akan semakin tinggi dan hal ini harus menjadi bahan pertimbangan. Jangan lupa pula untuk menyampaikan informasi mengenai kualitas properti ini kepada para calon pembeli sehingga mereka bisa memahami mengapa properti tersebut dipatok pada harga yang ditawarkan.

Sebuah properti dengan harga yang ekonomis dan mampu menonjolkan berbagai kualitas yang membuatnya berdaya jual tinggi merupakan trik dalam menarik hati para pembeli, yang akan memuaskan semua pihak.


Penulis : Nurhadi Soemarto, SE. MM, DM Indobroker Jakarta Timur
Editor : Rahayu Lestariasih
Sumber : Kuliah Online Indobroker (KOI)


You Might Also Like

0 komentar

Google+ Followers