Cara Tepat Mempromosikan Properti

Kamis, Desember 10, 2015

Ilustrasi (Foto: Indobroker)
Dalam pemasaran properti, promosi menjadi salah satu kunci untuk bisa mendapatkan buyer yang tepat. Para broker yang hendak memasarkan listing mereka juga perlu memiliki pengetahuan tentang cara mempromosikan listing yang ada. Prinsipnya sangatlah sederhana, semakin efektif metode promosi yang dilakukan, maka akan semakin banyak orang yang mengetahui mengenai keberadaan sebuah properti yang sedang dipasarkan dan semakin terbuka kemungkinan properti tersebut akan laku.

Cara mempromosikan listing juga sangat beragam, misalnya saja:

A. Memasang spanduk
Cara mudah memasarkan sebuah listing adalah dengan memasang spanduk di bagian depan listing tersebut yang menyatakan bahwa properti yang bersangkutan sedang dijual. Bila area atau lokasi listing tersebut berada di daerah yang ramai dan banyak dilalui orang, maka informasi penjualan akan lebih cepat tersebar luas

B. Melakukan Open House
Open house memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk datang dan melihat langsung properti yang sedang dipasarkan. Pada acara open house ini, orang-orang yang tertarik akan properti tersebut bisa datang berkunjung dan melihat isi properti, serta mendengarkan penjelasan dari pemilik ataupun broker mengenai kondisi properti dan berbagai informasi lain yang berkaitan dengannya.

Open house juga merupakan kesempatan bagi broker untuk memberikan kesan terbaik kepada para calon pembeli yang datang. Untuk memastikan bahwa acara open house berlangsung dengan sukses, maka promos mengenai pengadaan acara open house ini perlu dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari H.

C. Mengiklankan properti melalui berbagai media
Salah satu cara paling jitu untuk bisa memasarkan sebuah listing properti adalah dengan mengiklankannya melalui berbagai media. Jenis media iklan yang dipilih bisa disesuaikan dengan target buyer yang disasar. Tentu saja hal ini harus mendapat persetujuan dari pemilik properti terlebih dahulu, mengingat ada beberapa pemilik yang tidak menyetujui metode pengiklanan tertentu misalnya dengan menggunakan spanduk.

Media yang dipilih untuk mengiklankan properti tersebut mulai dari surat kabar, majalah, media sosial, ataupun mengiklankannya dalam marketplace khusus properti di internet. Promosi besar-besaran perlu dilakukan untuk memperluas daya jangkau iklan tersebut dan hal ini membutuhkan perencanaan yang matang agar biaya yang dikeluarkan benar-benar efektif dan efisien.

Untuk lebih mengefektifkan promosi melalui iklan tersebut, maka media yang dipilih harus disesuaikan dengan target calon buyer. Bila target calon buyer adalah masyarakat umum, maka media seperti surat kabar, market place properti di internet ataupun sosial media seperti Facebook bisa menjadi pilihan. Namun lain halnya bisa target buyer yang disasar jauh lebih spesifik, misalnya kalangan ekspatriat. Para broker perlu mencari tahu media seperti apa yang banyak dipergunakan oleh kaum ekspatriat, misalnya jenis majalah tertentu atau komunitas online dimana para ekspatriat tersebut menjadi anggotanya. Para broker bisa masuk dan mengiklankan properti yang ada pada media-media tersebut sehingga bisa lebih tepat sasaran.


Proses promosi yang tepat merupakan kunci sukses tidaknya pemasaran sebuah listing properti. Dengan promosi yang efektif, efisien dalam segi biaya dan juga tepat sasaran, maka para broker bisa mendapatkan hasil yang diharapkan dalam jangka waktu yang tergolong singkat. 

Penulis : Nurhadi Soemarto, SE. MM, DM Indobroker Jakarta Timur
Editor : Rahayu Lestariasih
Sumber : Kuliah Online Indobroker (KOI)

You Might Also Like

0 komentar

Google+ Followers