Tips Mendapatkan Buyer untuk Listing Kelas Atas

Kamis, Desember 10, 2015

ilustrasi (Foto: Indobroker)
Dalam upaya pemasaran sebuah properti yang diperuntukkan untuk golongan kelas atas, diman harga properti tersebut tergolong cukup tinggi, maka setiap broker perlu lebih jeli dalam upaya mereka agar bisa mendapatkan buyer yang tepat dalam jangka waktu singkat. Pada dasarnya, upaya pemasaran untuk listing seperti ini tidak jauh berbeda dengan listing properti pada umumnya, namun diperlukan beberapa langkah tambahan untuk bisa mendapatkan buyer.

Hal-hal dasar yang perlu dipersiapkan dalam upaya memasarkan listing adalah:
a. Mengenal dan mengetahu secara langsung pemilik dari properti yang akan dipasarkan tersebut. Sang owner atau pemilik sah properti memiliki kewenangan penuh mengenai properti mereka dan para broker perlu mengenal dengan baik owner tersebut untuk lebih menyakinkan para buyer dan juga agar bisa dibuat PJP atau perjanjian jasa pemasaran

b. Memastikan legalitas dari properti tersebut
Sebuah properti yang memiliki kemungkinan besar untuk laku di pasaran adalah properti yang memenuhi semua aspek legalitas seperti sertifikat dan IMB. Properti yang bermasalah dengan aspek legalitas akan lebih sulit untuk dipasarkan

c. Properti ditawarkan dengan harga yang jelas, pasti dan wajar
Para broker perlu melakukan riset mengenai harga yang wajar untuk sebuah properti berdasarkan berbagai pertimbangan, agar bisa menarik perhatian para buyer.

d. Listing atau properti tersebut harus mudah dipromosikan
Listing yang mudah dipromosikan melalui berbagai media baik cetak, elektronik ataupun internet akan lebih mudah untuk mendapatkan buyer

e. Mempersiapkan data dan informasi lengkap mengenai properti tersebut
Berbagai data yang berkaitan dengan properti yang akan dipasarkan seperti informasi mengenai luas, spesifikasi, status kepemilikan, peruntukan dan berbagai hal lain perlu dipersiapkan sejak awal. Para buyer akan mempergunakan informasi tersebut sebagai bahan pertimbangan apakah mereka akan membeli properti tersebut ataukah tidak.

Untuk listing dengan harga yang tinggi baik ratusan juta atau bahkan yang menyentuh harga milyaran membutuhkan persiapan tambahan. Buyer yang disasar untuk listing seperti ini tentunya berbeda dengan listing properti yang biasa. Para broker perlu menetapkan target buyer untuk listing seperti ini sebelum mereka mengambil tindakan. Bila target sudah ditetapkan maka hal yang perlu dilakukan adalah:

a. Mencoba masuk ke dalam lingkungan bisnis dan lingkungan pergaulan dari para calon buyer yang menjadi target. Hal ini akan membantu broker untuk lebih mengenal siapa calon target mereka dan bisa melakukan promosi pada saat yang tepat

b. Melakukan kerjasama dengan orang-orang kepercayaan para target buyer
     Tidak ada salahnya menjalin kerjasama dengan orang-orang kepercayaan para calon buyer. Kerjasama ini akan lebih memudahkan para broker dalam memasarkan listing mereka kepada calon buyer melalui pihak yang telah dipercaya oleh sang calon buyer itu sendiri.

c. Menyiapkan dana khusus untuk promosi secara efektif dan efisien
     Untuk memasarkan sebuah listing kepada target buyer tertentu, para broker harus jeli dalam memilih media promosi yang akan dipergunakan. Media yang akan dipilih haruslah merupakan media yang banyak dipergunakan atau dikonsumsi oleh para calon buyer. Untuk hal ini diperlukan biaya khusus, yang bila dilakukan dengan tepat akan memberikan hasil yang diharapkan. 

Penulis : Nurhadi Soemarto, SE. MM, DM Indobroker Jakarta Timur
Editor : Rahayu Lestariasih
Sumber : Kuliah Online Indobroker (KOI)

You Might Also Like

0 komentar

Ketentuan Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik.

Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar :)

Google+ Followers