Inilah 10 Tips Bermanfaat bagi Agen Baru Real Estate

Selasa, Januari 12, 2016

Ilustrasi (Foto: Indobroker.id)
Apa yang dibutuhkan untuk bisa sukses di dalam bisnis real estate? Beberapa orang akan mengatakan kepada anda bahwa hal tersebut sangatlah sederhana, yaitu cukup dengan keluar dan melakukan penjualan. Namun, bagi seorang realtor terutama mereka yang baru saja bergabung dalam bisnis ini, sangatlah sulit untuk bisa sukses dalam melakukan penjualan terutama disaat tidak seorang mengenal siapa anda. Disini kami mengetahi dengan pasti hal-hal apa saja yang dibutuhkan untuk bisa sukses di dunia real estate. Kami memahami bahwa menjual properti merupakan sebuah bisnis yang kompleks dan untuk mendapatkan pendapatan dalam jumlah besar adalah hal yang tidak bisa anda dapatkan dalam waktu singkat. Jadi, untuk membantu anda dalam menjalankan bisnis real estate, kami telah mengumpulkan 10 tips bermanfaat bagi setiap agen baru real estate

1.         Bergabung dengan Perusahaan Real Estate  yang tepat
Saat anda pertama kali terjun dalam bisnis ini, anda tidak memiliki reputasi yang bisa diandalkan. Oleh karena itu anda perlu memastikan diri untuk bergabung dengan tim terbaik di kota anda. Cara terbaik untuk bisa menemukan perusahaan real estate yang tepat untuk anda adalah dengan melakukan penelitian untuk bisa menemukan perusahaan mana yang telah memenangkan banyak penghargaan, perusahaan mana yang memiliki infrastruktur marketing terkuat, dan perusahaan mana yang menawarkan tipe manajemen yang akan mendukung anda dalam membangun karir anda.  Setelah anda telah mempersempit pilihan anda, rencanakan sebuah pertemuan dengan agen-agen yang telah bekerja dengan perusahaan tersebut. Anda bisa berdiskusi secara terbuka dengan para agen tersebut untuk mendapatkan informasi berharga mengenai masing-masing perusahaan.

2.         Mengembangkan pandangan yang realistis
Sangat mudah untuk merasa kecewa saat anda menghadapi kenyataan yang sebenarnya ditahun pertama anda menekuni dunia bisnis real estate. Banyak realtor atau agen baru yang kehilangan semangat mereka saat menghadapi tantangan besar mereka yang pertama, atau menghabiskan terlalu banyak dana untuk upaya marketing sebelum mereka memiliki dasar bisnis yang kuat, dimana mereka akhirnya menemukan bahwa tidak ada lagi yang tersisa untuk perjalanan ke depan. Hal ini tidak berarti bahwa sikap optimis adalah hal yang buruk, hanya saja hal ini perlu diimbangi dengan sikap realistis sehingga anda tidak akan kehilangan semangat saat anda menghadapi masa sulit atau saat anda terlibat masalah karena menghabiskan terlalu banyak dana.


3.         Membuat Rencana Bisnis dan Memegang Teguh Rencana Tersebut
Dibalik setiap bisnis yang sukses terdapat sebuah rencana bisnis yang solid. Real estate adalah sebuah bisnis dan jika anda ingin sukses maka anda tidak akan bisa melakukannya tanpa sebuah rencana bisnis. Sebuah rencana bisnis yang baik akan memiliki beberapa elemen seperti tujuan penjualan, cara pemasaran dan pengiklanan, analisa pengeluaran, analisa kompetisi dan juga metode unik yang membedakan anda dengan agen lain dalam bisnis ini.  Rencana bisnis anda akan berubah seiring dengan berjalannya waktu, namun untuk memulai karir anda, sangatlah penting untuk memiliki fondasi yang solid. Rencana pemasaran anda merupakan salah satu faktor paling penting. Anda perlu memiliki ide yang jelas mengenai cara-cara untuk menemukan klien yang propektif, cara untuk menarik perhatian mereka dan juga cara untuk merubah rasa tertarik tersebut menjadi sebuah penjualan.

4.         Temukan seorang Mentor Real Estate yang Terpercaya dan Berpengalaman
Walaupun anda telah mengikuti pendidikan khusus real estate, anda tidak akan bisa menelusuri kompleksnya dunia penjualan real estate seorang diri, terutama bila anda masih baru dalam bisnis ini. Untuk bisa mendorong karir anda, anda perlu mendapatkan pelatihan real estate dari seorang mentor yang terpercaya dan berpengalaman. Anda bisa saja memahami semua detail finansial dalam melakukan penjualan, namun tidak ada yang mengalahkan pengetahuan dari orang-orang yang telah berpengalaman dalam bisnis ini untuk bisa mencari dan menemukan pembeli. Cari informasi mengenai orang-orang di kantor anda yang memiliki sejarah penjualan yang sukses serta memiliki gaya profesional yang serupa dengan anda, serta selalu terbuka untuk belajar dan mencari informasi baru. Sebuah hubungan mentor dan siswa akan bermanfaat bagi kedua belah pihak sehingga anda tidak perlu ragu untuk meminta bantuan dari seseorang yang anda hormati dan kagumi.

5.         Ciptakan sebuah Brand yang Berkesan
Didalam dunia bisnis real estate, anda akan menghadapi kompetisi yang sangat besar. Cara terbaik untuk bisa tampil menonjol adalah dengan menciptakan sebuah brand yang menunjukkan kepada orang-orang bahwa anda berbeda dengan agen lain yang ada di area anda. Hal ini bisa meliputi penggunaan logo yang unik, warna yang berbeda, foto profil dan juga slogan. Awalnya, pengenalan brand anda berasal dari agensi atau perusahaan tempat anda bekerja. Namun jangan biarkan hal ini menjadi satu-satunya brand anda. Untuk bisa berhasil melakukan penjualan seperti seorang profesional, anda perlu membangun sebuah brand pribadi yang jauh lebih menonjol dibandingkan brand yang berasal dari agensi anda.

6.         Temukan Bidang yang Tepat
Kebanyakan agen akan mengatakan kepada klien mereka bahwa mereka bisa menjual properti tak perduli berapapun harganya. Hal ini merupakan sebuah pendekatan yang keliru, terutama bila anda adalah seorang realtor baru. Klaim seperti ini menunjukkan kurangnya kredibilitas dan juga menunjukkan bahwa anda tidak memiliki keahlian tersendiri, dimana hal tersebut merupakan hal yang banyak dicari oleh para klien. Melebih-lebihkan diri anda di dalam pasar yang baru saja anda masuki bisa berujung pada bencana. Strategi yang lebih baik adalah dengan mengembangkan brand anda dengan cara menjadi seorang ahli pada tema atau tipe pasar tertentu, bisa berupa penjualan kondominium atau rumah mewah ataupun investasi properti. Carilah tema yang kurang mendapatkan perhatian sehingga anda tidak memasuki teritori orang lain.

7.         Belajar untuk Menjual Pengetahuan Anda
Untuk bisa menjual real estate, anda perlu mengetahui mengenai real estate. Jika anda tidak mengetahui seluk beluk dan detail yang penting perihal closing, syarat dalam transaksi, permasalahan hukum, dan hukum mengenai perumahan, maka anda perlu menyisihkan waktu untuk mempelajari hal tersebut sebelum bertemu dengan klien. Namun, menunjukkan pengetahuan anda mengenai real estate secara umum tidaklah cukup. Anda perlu menjual diri anda sebagai seorang ahli pada salah satu bidang tertetnu dalam dunia real estate. Tunjukkan bahwa anda menguasai bidang anda dengan cara memberikan buku panduan untuk para pembeli rumah dan informasi pasar yang sesuai dengan bidang yang anda geluti untuk membangun reputasi anda sebagai seorang ahli dalam bidang tersebut.

8.         Menjadi Produktif dan Tentukan Tujuan
Pekerjaan ini menuntut anda untuk bekerja secara mandiri tanpa adanya bos dan supervisor yang menetapkan target serta memastikan bahwa anda bekerja cukup keras setiap harinya. Jenis kebebasan seperti ini memang bisa jadi sangat melegakan namun bisa juga berimbas pada kurangnya produktivitas and hilangnya pemasukan. Cara terbaik untuk mempertahankan standar produkitivitas tinggi adalah dengan menetapkan tujuan anda sendiri serta menciptakan rutinitas yang bisa membantu anda mengatur waktu dengan lebih efektif. Anda harus menyisihkan waktu dalam setiap minggunya untuk melakukan pekerjaan penting seperti melakukan panggilana, membangun hubungan dengan para klien, dan mengembangkan rencana pemasaran. Jika anda tidak melakukannya, maka bisnis anda bisa menjadi berantakan.

9.         Perlakukan konsumen anda seperti emas
Hal ini bisa digambarkan sebagai salah satu peraturan utama dalam real estate: “perlakukan klien anda seperti anda ingin diperlakukan.” Saat anda menunjukkan rasa hormat, integritas dan keramahan terhadap klien anda, anda akan membangun reputasi sebagai seorang agen yang sangat menyenangkan untuk diajak bekerja sama. Sebagai seorang realtor baru, pendekatan ini sangatlah berharga karena beberapa konsumen pertama anda akan bisa membantu membangun atau menghancurkan karir real estate anda. Jika anda memperlakukan mereka dengan benar, maka mereka akan menjadi seorang sales terbaik yang bisa anda dapatkan, dalam hal mempromosikan anda.

10.    Terus Berupaya Menemukan Klien Baru

“Terus berupa menemukan klien baru”, bisa menjadi sebuah slogan yang anda katakan kepada diri anda setiap hari atau anda juga bisa menuliskannya dalam ukuran besar di meja kerja anda. Hal ini memang terdengar sederhana, namun kenyataannya tidaklah seperti itu. Banyak realtor yang lupa tentang pentingnya menemukan klien baru saat mereka telah mencapai level kesuksesan tertentu. Anda bisa saja mendapatkan banyak sekali klien pada waktu tertentu dan anda menemukan bahwa satu minggu yang akan datang, bisnis anda sepi dari klien. Anda perlu terus menerus mencari petunjuk baru, walaupun anda merasa bahwa anda telah memiliki terlalu banyak petunjuk. Hal ini untuk memastikan bahwa bisnis real estate anda akan sukses bukan hanya hari ini, namun juga esok, minggu depan dan 10 tahun yang akan datang.

Sumber : Pinterest

You Might Also Like

0 komentar

Ketentuan Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik.

Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar :)

Google+ Followers